• Februari 8, 2024

Kisah Sukses Erigo, Brand Lokal yang Mendunia

Pasti sudah tidak asing kan bersama merek lokal yang satu ini? Erigo merupakan clothing line asal Indonesia yang dimiliki oleh Muhammad Sadad. Erigo belum lama ini sedang meramaikan panggung New York Fashion Week (NYFW) di Amerika Serikat.

muhammad saddad

Tidak hanya di Indonesia, clothing line yang satu ini terhitung sukses dikenal di luar negeri. Kira-kira layaknya apa perjalanan sukses merek Erigo ini? Ayo lihat penjelasan berikut, ya!

Sejarah Singkat Erigo

Clothing line ini sudah ada sejak tahun 2010 silam, yang awalannya dikenal bersama nama Selected plus Co. Namun, kelanjutannya berganti nama jadi Erigo terhadap Bulan Juni tahun 2013 karena nama merek sebelumnya sudah dimiliki oleh pebisnis lain. Muhammad Sadad, sang pemilik mengaku kalau menjalankan bisnis fashion bukanlah perihal yang mudah.

Konsep baju yang diusung awalannya bertema batik dan ikat-ikat. Namun, Sadad kelanjutannya membuat perubahan konsep tersebut jadi fashion bersama jenis casual. Beberapa produk casual yang dijual, layaknya jaket erigo, sweater erigo, dan yang paling laris adalah kaos erigo.

Perubahan ini tak terlepas karena fashion mengalami perkembangan yang begitu pesat. Jika tidak mengikuti keinginan pasar, maka penjualan akan mengalami stagnansi yang mengakibatkan minimnya omset. Ditambah kembali terdapatnya persaingan yang lumayan kuat.

Perjalanan Sukses Erigo

Kisah sukses Muhammad Sadad di dalam mendirikan slot deposit via qris Erigo dapat dikatakan punyai kemiripan bersama Mark Zuckerberg dan Bill Gates. Ia menentukan untuk berhenti kuliah karena menghendaki membangun bisnis fashion yang sudah diimpikannya sejak SMA. Di segi lain, keinginannya untuk berhenti kuliah pas itu disebabkan karena utangnya yang kian menumpuk.

Dalam mengembangkan bisnis, Sadad sudah mengalami pasang surut. Saat awal mengakses bisnis, contohnya, keinginan hati untuk beroleh keuntungan jadi mendatangkan buntung. Padahal duwit yang dikeluarkan tidaklah sedikit untuk mendongkrak pemasaran produk.

Saat mengikuti pameran fashion di Malaysia, pas itu Sadad mengeluarkan duwit sebesar Rp25.000.000 untuk operasional, namun omzet penjualan yang terkumpul hanya Rp5.000.000 saja. Selanjutnya mengikuti pameran di Surabaya dan Makassar yang pas itu menelan kerugian. Bisa dikatakan Sadad tidak dapat menikmati keuntungan apa-apa di awal.

Namun, ia tak menyerah begitu saja. Kegigihan dan keuletan yang dimilikinya menghasilkan hasil manis. Pada tahun 2015 silam, Sadad bersama Erigo sukses beroleh omzet sebesar Rp22.000.000.000.

Sadad mengaku bahwa kesuksesannya membangun Erigo tidak terlepas berasal dari peran orang tua yang selamanya mendukung. Tidak hanya pemberian moral, namun terhitung modal dan material. Bahkan ke dua orang tuanya pernah harus menjajakan ruko untuk memodali bisnis yang sedang dikerjakan oleh Sadad.

Baca Juga: https://alslesslethal.com/top-5-brand-fashion-italy-wajib-punya-html/

Hingga pas ini, merek Erigo jadi pilihan banyak anak muda yang menghendaki tampil stylish kendati hanya berbalutkan produk casual. Tidak hanya kaos dan celana saja, kini produk Erigo sudah makin bervariasi. Ada jaket, sweater, topi, dan tas yang laris manis di pasaran.

Erigo Tampil di New York Fashion Week 2022

Tahun 2021 merek Erigo sukses perlihatkan produknya di panggung New York Fashion Week (NYFW). Hal yang serupa terhitung terulang terhadap tahun ini. Erigo memulai pergelaran fashion bersama tajuk “The Show” di NYFW untuk koleksi Spring/Summer 2023 yang dikerjakan terhadap Bulan September lalu.

CEO sekaligus Founder Erigo, Muhammad Sadad mengatakan bahwa pencapaian ini tak hanya untuk menambah nama merek Erigo saja, namun terhitung industri fashion Indonesia. Pada pergelaran fashion ini, Erigo menampilkan 60 koleksi baju di atas panggung. Busana yang ditampilkan terinspirasi berasal dari metamorfosis kepompong. Koleksinya menampilkan 3 bagian atau tahap, yang tak lain merupakan cerminan sebuah kehidupan.

Motif yang diusung terhadap koleksi kali ini adalah geometris, abstrak, bunga, dan kupu-kupu. Tak ketinggalan detil untuk tiap tiap koleksinya. Ada tehnik jahit tangan, painting, dan terhitung bordir yang menggunakan pas lumayan lama untuk membuatnya jadi baju siap pakai.

Dari aspek kualitas, tidak harus diragukan karena koleksinya sendiri sudah diperkenalkan di kancah internasional. Koleksi baju erigo di panggung NYFW 2023 dapat dibeli di Erigo store di keliru satu e-commerce berwarna hijau, yaitu Tokopedia. Bagi masyarakat yang menyukai fashion, diharapkan dapat membeli produk favoritnya melalui erigo store ini.

Tips Membuka Bisnis Fashion

Sama layaknya bisnis terhadap umumnya, mengakses bisnis fashion tidaklah mudah. Selain memperhitungkan brand, kualitas, dan model, para pebisnis harus memperhatikan jumlah pesaing. Sebab, yang berkecimpung di dunia fashion tidaklah sedikit mengingat bisnis ini terlampau menjanjikan dan tidak akan ada matinya.

Tertarik mengakses bisnis fashion? Ini dia lebih dari satu tips yang harus kamu ketahui. Diharapkan tips ini akan menopang mempermudah perjalanan bisnismu ke depannya, ya!

Menyiapkan Modal

Menyiapkan modal merupakan perihal pertama yang harus dikerjakan sebelum saat pelaku bisnis memulai bisnis. Modal yang lebih besar mengakses peluang sehingga bisnis lebih cepat berkembang. Terutama kalau pengelolaan modal dikerjakan bersama baik, sesuai bersama konsep keuangan perusahaan.

Modal dapat diperoleh bersama berbagai cara. Bisa berasal dari modal sendiri maupun crowdfunding atau pemberian dana berasal dari investor. Siapkan konsep keuangan dan proyek kinerja perusahaan ke depannya sehingga pihak ketiga tertarik memberi tambahan modal.

Tentukan Target Pasar atau Konsumen

Kamu harus mengayalkan target pasar atau customer layaknya apa yang akan membeli produkmu. Target pasar akan memudahkanmu di dalam menciptakan produk, pilih brand, pilih logo, dan mempromosikan barang. Sesuainya target pasar akan menambah omzet penjualan.

Jika target pasarnya anak muda, merasa berasal dari produk, brand, logo, dan tehnik promosi harus fresh layaknya jiwa muda. Jika tidak, takutnya terkesan tua dan tidak cukup menarik. Akibatnya omzet penjualan jadi berkurang.

Memilih Nama Brand yang Tepat

Untuk pemilihan nama brand, kamu dapat menyesuaikan bersama target pasar. Gunakan nama merek yang gaul dan mudah diingat sekiranya target pasarnya anak muda. Gunakan nama merek yang kedengaran classy sekiranya target pasarnya kauk bourjuis, dan seterusnya.

Kamu dapat melacak referensi nama merek sebanyak-banyaknya di internet. Pilah nama merek yang menarik, lantas kamu dapat kombinasikan nama berasal dari lebih dari satu merek untuk menciptakan nama merek baru. Hindari penggunaan nama merek yang biasa saja sehingga kesannya tidak pasaran.

Pilih Desain yang Menarik

Dalam berbisnis pakaian, kamu boleh pilih apalah menghendaki mengolah baju sendiri atau jadi reseller. Jika menghendaki mengolah sendiri, itu bermakna kamu harus pilih desain yang menarik sehingga produk diminati pembeli. Manfaatkan internet, portofolio, dan karya di sekelilingmu sebagai sumber inspirasi desain.

Mendesain sendiri sedikit lebih rumit daripada jadi reseller. Kamu akan berhadapan bersama perhitungan yang rumit. Makanya kamu harus studi banyak sebelum saat memulai bisnis untuk jauhi hal-hal yang tidak diinginkan.

Mencari Supplier untuk Bahan Baku

Bahan yang digunakan untuk mengolah baju pilih kualitas baju itu sendiri. Sebaiknya pilih bahan terbaik kalau kamu menghendaki mengolah baju sendiri sehingga kualitasnya terjamin. Cari supplier bahan baku yang sediakan kain sesuai keinginan.

Jalin relasi yang baik bersama supplier sehingga kamu diprioritaskan sewaktu membeli bahan baku. Tidak hanya satu, carilah setidaknya dua atau tiga supplier untuk memasok bahan baku. Jika supplier yang satu tidak punyai bahan yang dicari, kamu dapat mencarinya ke supplier lainnya.

Harga yang Bersaing

Selanjutnya adalah pilih harga produk. Harga beli per produk dan per lusin pasti berbeda, jadi kamu harus hitung sejak awal sehingga tidak keliru harga pas menjualnya kepada pembeli. Jika kamu menghendaki memberi tambahan diskon untuk jumlah pembelian tertentu, silahkan saja guna mendongkrak penjualan.

Harga jadi poin yang terlampau kritis pas berbisnis. Usahakan sehingga harga per produk sesuai bersama kualitas yang ditawarkan sehingga customer tidak merasa dirugikan karena kemahalan. Ingat kalau penjual bukan hanya kamu, jadi tetapkan harga yang bersaing.

Buat Promosi

Tips mengakses bisnis fashion paling akhir adalah mengakibatkan promosi. Promosi jadi energi tarik yang dapat menambah energi beli konsumen. Jenis promosinya dapat berwujud potongan harga, pemberian voucher belanja, atau cashback.

Terkait promosi, kamu dapat gunakan sosial sarana untuk mempromosikan merek baju milikmu sehingga lebih dikenal masyarakat luas. Sebut saja Instagram, Facebook, atau blog pribadi. Sebaiknya alokasikan budget khusus untuk promosi sehingga tidak mengganggu budget aktivitas bisnis lainnya.